Sabtu, 03 Maret 2012

10 PERUMPAMAAN TENTANG KEUNGGULAN SADDHARMA-PUNDARIKA SUTRA

Pertama dikatakan, "Seandainya di antara saluran air, sungai, dan lainnya, maka lautan lah yang paling luas. Demikian juga, diantara seluruh sutra, Saddharma-pundarika sutra adalah sutra yang paling agung dan mendalam."

Kedua, "Diantara seluruh pegunungan, gunung Sumeru adalah yang tertinggi. Demikian juga di antara seluruh sutra, Saddharma-pundarika sutra adalah sutra yang tertinggi."

Ketiga, "Di antara semua bintang-bintang yang jumlahnya sedemikian banyak, rembulan sajalah yang bersinar paling megah. Demikian juga diantara seluruh sutra, Saddharma-pundarika sutra inilah yang paling cemerlang." 

Keempat, " Sinar sang surya dapat menyinari seluruh kegelapan, demikian juga Saddharma-pundarika sutra mampu menyingkirkan segala keberukan."

Kelima, ""Di antara seluruh raja kecil, maka Raja Pemutar Roda Suci adalah yangg teragung. Demikian juga di antara seluruh sutra, Saddharma -pundarika sutra adalah sutra yang termulia."

Keenam, " Di antara dewa dari 33 Surga, Sang Sakra adalah yang maha mulia. Demikian juga dengan Saddharmapundarika-sutra, adalah raja di antara seluruh sutra."

Ketujuh, ""Raja Surga Brahma Sahampati merupakan Bapak dari mereka yang masih berada dalam asuhan maupun yang tidak. Demikian juga Saddharma-pundarika sutra merupakan Bapak dari mereka yang berjiwa Boddhisattva."


Kedelapan, "Di antara orang awam, Srotapana, Sakradagamin, Anagamin dan Arahat, maka Pratekyabuddha lah yang paling terkemuka. Begitu juga dengan Saddharma-pundarika sutra adalah yang terunggul di antara seluruh sutra."

Kesembilan, "Di antara seluruh Sravaka dan Pratekyabuddha, maka Boddhisattva adalah yang paling terkemuka.Demikian juga dengan Saddharma-pundarika sutra merupakan yang paling terkemuka di antara sutra lainnya."

Kesepuluh, "Seperti Buddha yang merajai seluruh Hukum, demikian juga dengan Saddharma-pundarika sutra , merupakan raja dari seluruh sutra lainnya."

(Bab Bhaisyajaraja- Saddharma-pundarika sutra)


12 Gambaran Perbandingan tentang Karunia Manfaat yang dimiliki Saddharma-pundarika sutra.


Pertama, "Seperti kolam yang jernih dan sejuk yang mampu memuaskan dahaga seluruh umat manusia." Kedua, " Seperti orang kedinginan yang mendapatkan perapian." Ketiga, " Seperti orang telanjang yang mendapat pakaian." Keempat, " Seperti rombongan pedagang yang yang mendapatkan pimpinan." Kelima, " Seperti seorang anak yang bertemu ibunya." Keenam, " Seperti seseorang yang ingin menyeberang mendapatkan perahu." Ketujuh, "Seperti orang sakit yang bisa bertemu tabib." Kedelapan, " Seperti orang miskin yang menemukan permata." Kesembilan, " Seperti orang dalam kegelapan mendapatkan pelita." Kesepuluh, "Seperti rakyat yang memiliki raja." Kesebelas, " Seperti pedagang pengadu untung yang mendapatkan kesempatan." Keduabelas, " Seperti obor yang dapat menyirnakan kegelapan."  

(Bab Bhaisyajaraja-Saddharmapundarika-sutra)


1 komentar:

  1. Bapak, Anda mengambil sekte Buddhism apa kalo boleh saya tahu...?
    Karna bapak mengetahui tentang Lotus Sutra.

    BalasHapus